Rabu, 13 Agustus 2014

FK-Universitas Muhammadiyah Malang


  Tentang Fakultas Kedokteran UMM

Program Studi Pendidikan Dokter didirikan untuk memenuhi tuntutan masyarakat atas fasilitas pelayanan kesehatan yang masih belum merata di Indonesia. Menyongsong era yang penuh dinamika ini, diharapkan sumbangan Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang dalam mencetak dokter-dokter yang profesional berlandaskan ilmu pengetahuan dan keprofesian serta etik kedokteran yang Islami. dengan berbagai fasilitas, sistem layanan akademik dan kemahasiswaan, serta nuansa ke ISlaman, InsyaAllah mahasiswa dapat mengembangkan diri dalam suasana belajar yang kodusif dan menyenangkan.
Fakultas Kedokteran Universitas Muhammadiyah Malang mendapatkan ijin pendirian tertanggal 25 September 2001 dengan no:3079/D/T/2001 dan tertanggal 29 Juni 2012 dengan no: 017/BAN-PT/Ak-XV/SI/VI/2012 Program Studi Pendidikan Dokter UMM Peringkat Akreditasi B.
sumber klik disini

Fakultas Kedokteran (FK) UMM merupakan FK swasta pertama di kota Malang. Visi FK UMM adalah menjadi fakultas terkemuka dalam penyelenggaraan pendidikan tinggi kedokteran yang berkeunggulan di bidang ilmu pengetahuan dan teknologi. Berbasis pada bidang kedokteran umum, keluarga, industri dan nilai-nilai Islam untuk meningkatkan daya saing bangsa. Pendidikan di FK UMM dirancang secara profesional selama sebelas semester (lima setengah tahun) yang terbagi dalam dua proses pendidikan, yaitu; Pendidikan Sarjana Kedokteran selama tujuh semester; dan  Pendidikan Profesi selama empat semester.Pelaksanaan pembelajaran di FK UMM menerapkan paradigma baru pembelajaran Pendidikan Dokter dengan sistem Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), dengan menggunakan pendekatan pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan Research Based Learning (RBL). Sedangkan pendidikan profesi berlangsung dengan sistem kepaniteraan klinik di Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik Dokter Keluarga dan Industri.

Untuk menambah kapasitas kualitasnya, mahasiswa FK diwajibkan mengikuti program English for Specific Purpose (ESP), pelatihan Emergency Trauma Life Support (ETLS) dan Clinical Skills Refreshment (CSR) sebelum memasuki program profesi.
sumber klik disini

berikut adalah gambar Universitas Muhammadiyah Malang.
                                                            sumber gambar: google.com

Kenapa saya memilih FK-UMM ?

Kenapa saya memilih FK-UMM sebagai tempat saya menimba ilmu ? Ceritanya mungkin akan sangat panjang dan melalui banyak proses sehingga pada akhirnya saya memilih jurusan FK di UMM. Pada kesempatan kali ini mungkin secara singkat saja saya akan menceritakan tentang alasan saya memilih jurusan FK di UMM. Saya adalah siswa lulusan tahun 2013 lalu. Setelah lulus dari masa SMA, saya melanjutkan ke perguruan tinggi negeri di malang dengan jurusan teknologi industri pertanian. pada awalnya saya sama sekali tidak mengerti jurusan apa itu, menurut nama jurusannya pasti tidak jauh dari pertanian. Kemudian saya bertanya-tanya kepada saudara saya yang kebetulan kuliah di fakultas yang sama, setelah mendengarkan segelintir cerita yang sangat panjang, akhirnya saya mengerti tentang jurusan saya pada saat itu.


Beberapa minggu berlalu, namun saya tidak merasa nyaman pada jurusan tersebut, mungkin saya meremehkan jurusan tersebut sehingga mungkin ada rasa malas yang tiba-tiba datang, maklum saja kakek saya adalah seorang petani. akhirnya saya mencoba untuk bertanya kepada ibu saya, konon saran dari seorang ibu adalah saran yang terbaik bagi kita. ibu saya berkata jika tidak nyaman lebih baik pindah jurusan dari pada merasa terbebani. kemudian saya memutuskan untuk berhenti kuliah dan mencoba belajar untuk berwirausaha.

Tahun pun berganti, saya kemudian mempersiapkan diri untuk masuk ke perguruan tinggi lagi. Saran ibu saya adalah masuk ke Fakultas Kedokteran dan menjadi Dokter Profesional. dengan alasan dokter itu banyak pahalanya ,,, hehehe amin. namun ibu saya memberi sebuah syarat yaitu,  perguruan tingginya harus ada di kawasan malang. setelah mendengerkan syarat tersebut saya bingung. kemudian saya bertanya ke pada guru BK saya di SMA dulu. nasihat dari guru BK saya adalah tidak penting dari lulusan kampus mana, yang menentukan kualitas lulusan tersebut adalah anak itu sendiri. kemudian saya bertanya , kampus mana yang fknya bagus ?, kemudian guru bk saya menjawab UMM, Unair dan Unej. tapi saya sempat ragu karena UMM adalah Kampus swasta bukan negeri. Saya kembali bertanya kepada ibu saya, dan ibu saya meng'iya'kan untuk kuliah di UMM. kemudian saya memutuskan untuk mendaftar ke UMM jurusan Pendidikan Dokter. dan akhirnya saya ketrima di kampus UMM.

Sekian cerita singkat dari saya. Terima kasih.

1 komentar: