Rabu, 13 Agustus 2014

Informasi Unik tentang Google Drive dan Google Spreadsheet

Google Drive adalah penyimpan file dan dokumen serta layanan sinkronasi yang disediakan oleh google, yang memungkinkan pengguna (user) melakukan penyimpanan file dan dokumen secara online (Cloud Computing), file sharing dan pengeditan file secara kolaboratif. Google Drive mulai beredar pada awal maret 2006. File yang dipublish secara umum pada Google Drive dapat dicari dengan mesin pencari. Google Drive adalah induk dari Google Docs, office suite yang menawarkan layanan sunting dokumen secara bersamaan berupa word, Spreadsheet, Presentasi, dan lainnya. Google Drive memberikan kapasitas penyimpanan sebanyak 15 GB.

Penyimpanan file dan dokumen secara online mempermudah pengguna untuk mengakses dimanapun dan kapanpun selama tersambung dengan jaringan internet. Penyimpanan file dan dokumen secara online juga dapat mengurangi resiko hilang atau rusaknya file yang diakibatkan kerusakan pada hardware penyimpanan.

Google Docs merupakan layanan yang diberikan oleh Google secara cuma-cuma dalam bentuk dokument, spreadsheet, presentation, gambar, formulir, dan penyimpanan data berbasis web. 

Layanan ini pertama kali diluncurkan pada 10 Oktober 2006 sebagai gabungan dua layana: Writely dan Spreadsheet. Sebelum kita mengotak-atik Google Drive kita harus terlebih dulu memiliki akun Gmail. baru kita dapat menggunakan Google Drive.

Googel Spreadsheet.

Google Spreadsheet memiliki fungsi yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi spreadsheet lain semisal Excel ataupun OpenOffice Cal. Dan Andapun tidak akan kesulitan untuk menggunakan layanan ini. Karena tampilannya yang tidak jauh berbeda dengan aplikasi serupa, anda tidak perlu menginstall apapun pada komputer, karena anda dapat mengaksesnya secara online. 
Informasi unik yang saya dapatkan dari PATI 2014 tentang google spreadsheet adalah google spreadsheet ini dapat diotak atik oleh banyak orang sekaligus, tergantung setingan dari sang owner. jadi google spreadsheet ini sangat berguna untuk mengerjakan tugas kuliah tanpa harus bertatapmuka langsung. sehingga tugas-tugas kuliah dapat cepat terselesaikan. yang kita butuhkan hanya komputer, akses internet dan akun gmail yang dapat dibuat di google. berikut adalah gambar untuk google spreadsheet.

Sekian terima kasih, bila ada kurang lebihnya saya mohon maaf, semoga informasi tersebut dapat berguna bagi pembacanya. amin.

Referensi : Buku Panduan Pelatiahan Aplikasi Teknologi Informasi edisi 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar