Rabu, 13 Agustus 2014

Kota Malang dan Gunung Semeru

Kota Malang adalah salah satu kota yang terletak di Pulau Jawa, tepatnya ada di Provinsi Jawa Timur.
Kota ini adalah Wilayah yang memiliki udara yang sejuk dan dingin, hal itu dikarenakan malang ada di daerah dataran tinggi dan dikelilingi oleh beberapa gunung. Diantaranya di sebelah utara malang ada Gunung Arjuno, di sebelah baratnya ada gunung kawi dan penderman, sedangkan di sebelah selatan terdapat Gunung Kelud yang baru-baru ini dikabarkan telah meletus, lalu di sebelah timurnya berdiri Gunung Semeru. Selain gunung-gunung tersebut, kota malang juga memiliki beberapa gunung yang sangat unik, salah satunya adalah Gunung Putri Tidur, dinamakan demikian karena gunung tersebut membentuk struktur puncak gunung yang menyerupai seorang putri yang sedang tidur.

Selain memiliki gunung yang unik, Kawasan Malang juga memiliki gunung yang terkenal di indonesia, yaitu Gunung Semeru. Gunung Semeru adalah gunung tertinggi di pulau jawa yang memiliki tinggi 3.676 mdpl (meter di atas permukaan laut), sedangkan puncaknya bernama mahameru. dikarenakan memiliki ketinggian tersebut, Gunung Semeru ini termasuk ke dalam salah satu seven summits indonesia tertinggi ke -3 di Indonesia.
 
Gunung Semeru ini merupakan gunung berapi yang masih aktif, sehingga dapat memberikan kesuburan tanah yang dapat dimanfaatkan oleh penduduk yang tinggal di sekitar gunung tersebut.
Gunung ini masuk ke dalam Kawasan Taman Nasional Bromo Semeru Tengger. Asal kata nama bromo, karena di kawasan tersebut ada Gunung Bromo yang dijadikan objek wisata alam, yaitu wisata alam gunung bromo. berikut adalah gambar gunung bromo.
                                                        Sumber gambar: google.com

Sedangkan nama tengger diambil dari nama suku yang hidup di kawasan tersebut, yaitu Suku Tengger. Lalu nama semeru diambil dari nama Gunung Semeru itu sendiri. Kawasan Taman Nasional Bromo Semeru Tengger selain memiliki beberapa gunung yang indah juga memiliki beberapa danau yang sangat indah, diantaranya, Ranu Pani, Ranu Regulo, dan Ranu Kumbolo.


Gunung Semeru masih terbuka bagi para pendaki yang ingin mendakinya. Biasanya para pendaki yang ingin mencapai puncak mahameru akan melihat atau melalui tempat-tempat indah, namun para pendaki terlebih dahulu harus melapor ke pusat perijinan pendakian di kantor regristrasi ranu pani. Setelah para pendaki selesai dengan perijinan mereka, mereka akan mulai berjalan selama kurang-lebih 4-5 jam dengan kontur tanah yang mananjak untuk sampai di Ranu Kumbolo.
berikut adalah gambar ranu kumbolo.
                                                        Sumber gambar: google.com
                                                         Sumber gambar: google.com

Setelah melewati Ranu Kumbolo mereka diharuskan untuk berjalan sekitar 6-7 jam untuk mencapai pos selanjutnya yang bernama pos kalimati. Sedangkan untuk mencapai puncak mahameru mereka diwajibkan lagi mendaki sekitar 7-8 jam lamanya. baru setelah itu mereka dapat melihat keindahan puncak mahameru.
                                                        Sumber: google.com

Sekian dari saya, bila ada kesalahan saya mohon maaf, semoga informasi singkat diatas dapat bermanfaat bagi para pembacanya. amin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar